8 Komponen Penting Yang Ada di Espresso Coffee Machine

Espresso coffee machine ini memiliki bagian-bagian penting yang harus selalu diperhatikan oleh para barista untuk menjaga kualitas rasa dari hasil membuat kopi dengan mesin tersebut. Bagian – bagian tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Group Head untuk Pusat Ekstraksi Espresso

Pada bagian espresso coffee machine group head ini nantinya proses ekstraksi kopi yang dilakukan dengan tekanan tinggi berlangsung hingga akhirnya bisa menghasilkan satu shot espresso yang beraroma harum dengan tambahan krim yang akan menghias pada bagian permukaannya.

  1. Tamper yang Digunakan Memadatkan Bubuk

Alat yang satu ini nantinya akan berfungsi untuk memadatkan bubuk kopi di dalam portafilter. Caranya, barista akan menekan bubuk kopi di dalam tamper menggunakan telapak tangan. Tidak semua espresso coffee machine combo akan memilikinya.

  1. Portafilter untuk Mengekstrak Bubuk dari Biji Kopi 

Portafilter ini merupakan sebuah alat untuk membantu dalam mengekstraksi bubuk kopi. Ketika bubuk kopi nantinya akan diekstrak oleh portafilter, maka disarankan wadah bubuk kopi harus berada di dalam suhu yang sesuai. Portafilter itu sendiri terdiri dari handle, basket, dan juga spouts.

  1. Extraction Switch

Berupa tombol yang memiliki fungsi untuk memulai dan juga menghentikan proses ekstraksi pada kopi. Pada espresso coffee machine profesional yang otomatis tombol ini secara otomatis bisa mati. Namun jika pada mesin espresso yang semi otomatis, tombol tersebut harus Anda tekan secara manual agar bisa memulai dan menghentikan proses ekstraksi pada bubuk kopi.

  1. Steam Knob

Ini adalah sebuah tombol yang berfungsi untuk menghidupkan dan juga mematikan steam atau uap panas yang berasal dari steam wand. Mayoritas untuk espresso coffee machine yang terdapat di pasaran mempunyai tombol steam knob yang dapat diputar-putar untuk mengatur berapa jumlah keluaran uap yang nantinya diinginkan.

  1. Steam Wand

Steam wand ini bukan merupakan sebuah tombol, ini adalah tangki yang akan mengeluarkan uap. Uap ini umumnya digunakan dalam proses frothing, memanaskan maupun membuihkan susu.

Steam wand ini merupakan bagian terpanas yang ada di dalam mesin espresso dan juga cappucino. Oleh sebab itu, Anda harus sangat berhati-hati supaya kulit tidak akan terbakar.

  1. Knockbox

Jika nantinya espresso sudah dihasilkan, maka ampas akan ditampung ke dalam knockbox saat kopi tersebut sudah selesai diekstrak oleh portafilter.

  1. Drip Tray

Wadah yang satu ini terbuat dari sebuah stainless steel, nanti akan berfungsi untuk menampung ampas kopi, sampah hasil dari pembuatan kopi dan juga menampung air. 

Itulah beberapa komponen yang penting di dalam sebuah mesin kopi. Jika nantinya Anda akan membeli di espresso coffee machine suppliers, pasti akan ada banyak sekali jenis mesin kopi yang bisa dipilih. Bila Anda membeli untuk bisnis, maka pilih yang memiliki fitur-fitur profesional.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top