Tahap Pemasangan Dan Resiko Gigi Palsu Implan

Gigi Palsu Implan menjadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda yang ingin memperbaiki atau mempercantik penampilan gigi namun dengan beragam kelebihan yang ditawarkan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai proses atau tahap pemasangan serta resiko yang mungkin terjadi setelah pemasangan gigi implan dilakukan.

Tahapan Pasang Gigi Palsu Implan

Perlu diketahui bahwa proses pemasangan Gigi Palsu Implan butuhkan waktu yang tidak sebentar bahkan hingga berbulan-bulan lamanya. Hal ini sebenarnya sangatlah wajar mengingat proses pemasangannya juga bertahap.

Berikut ini adalah beberapa proses atau tahapan dalam memasang gigi implan.

  1. Proses pemeriksaan gigi secara menyeluruh
  2. Periksa kondisi riwayat penyakit pasien
  3. Aku kan perencanaan terkait tindakan serta perawatan yang akan dilakukan
  4. Melakukan pencabutan gigi yang bermasalah atau tidak diperlukan
  5. Melakukan proses pencangkokan tulang rahang jika diperlukan
  6. Proses memasang tiang gigi implan
  7. Menunggu proses tulang rahang tumbuh agar bersatu dengan bagian implan yang dipasang
  8. Proses memasang penyangga akar implan dengan mahkota gigi
  9. Memasang mahkota gigi buatan, baik yang bersifat sementara maupun permanen

Resiko Gigi Palsu Implan

Sebenarnya bisa dikatakan bahwa gigi implan memiliki risiko yang lebih minim jika dibandingkan dengan treatment atau perawatan gigi lainnya. Hanya saja tidak bisa dipungkiri bahwa setiap tindakan yang dilakukan meskipun dilakukan oleh dokter ahli sudah pasti akan ada saja resiko yang mungkin terjadi setelah tindakan dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa resiko yang bisa terjadi setelah pemasangan Gigi Palsu Implan.

  1. Terjadi Infeksi

Suku pertama yang bisa terjadi setelah pemasangan gigi implan yaitu terjadinya infeksi. Ke sini umumnya terjadi pada sekitar area pemasangan gigi palsu di mana secara khususnya pada bagian gusi.

  1. Adanya Kerusakan Atau Cedera

Proses pemasangan gigi implan juga bisa saja mengalami kerusakan sehingga menyebabkan cuci darah pada area pemasangan gigi palsu. Bisa pada struktur atau bagian yang dipasang implan atau bisa juga pada pembuluh darah.

  1. Kerusakan Pada Syaraf

Resiko selanjutnya juga bisa terjadi pada bagian syaraf. Syaraf akan mengalami kerusakan sehingga memicu adanya rasa nyeri, kesemutan atau bahkan baal atau mati rasa.

  1. Mengalami Sinusitis

Area gigi merupakan salah satu titik yang cukup berdekatan dengan sinus. Jika proses pemasangan gigi implan tidak dilakukan secara hati-hati maka tidak menutup kemungkinan akan membuat pemasangan gigi palsu tersebut cenderung menonjol. Sehingga pada akhirnya akan menuju masalah pada sinus.

Dengan semua penjelasan yang sudah disebutkan di atas maka bisa dikatakan bahwa setiap tindakan yang dilakukan pada area gigi harus dipertimbangkan dengan tepat. Minta juga harus dilakukan oleh dokter ahli gigi yang sudah berpengalaman agar dapat mencegah terjadinya berbagai masalah dan dampak negatif yang ditimbulkan setelah adanya proses pemasangan Gigi Palsu Implan tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top