Inilah Keuntungan yang Anda Dapatkan Jika Pasang Panel Surya Rumah

Panel surya menjadi langkah alternatif yang digunakan untuk mendapatkan sumber energi listrik. Pasang panel surya rumah bisa memaksimalkan penyerapan cahaya matahari yang kemudian diubah menjadi tenaga listrik, sehingga Anda bisa menghemat biaya sekaligus mendapatkan rumah ramah lingkungan.

Keuntungan Pemasangan Panel Surya

Sebagai salah satu langkah untuk mengurangi emisi karbon, pemasangan panel surya memang cukup menarik bagi beberapa orang. Terlebih dengan Indonesia yang merupakan negara tropis, ketersediaan akan cahaya matahari cukup melimpah, sehingga panel surya ini bisa dengan mudah diterapkan di rumah-rumah Indonesia.

Panel surya juga memiliki beberapa keuntungan jika dibandingkan dengan penggunaan lisrik dari PLN. Beberapa keuntungan pemasangan panel surya diantaranya adalah,

  1. Menghemat tagihan listrik PLN

Pemasangan panel surya di rumah memang tidak bisa sepenuhnya membuat Anda terlepas dari penggunaan listrik PLN, tetapi adanya listrik dari panel surya bisa menghemat penggunaan listrik dari PLN dan yang pasti akan menghemat tagihan biaya listrik hingga 60%.

  1. Bisa dipasang di segala cuaca

Panel surya menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energinya, yang berarti semakin terik matahari, semakin banyak juga energi yang dihasilkan. Meskipun begitu, saat musim penghujan pun panel surya masih tetap bisa digunakan, karena sebelumnya saat ada cahaya matahari sudah menyimpan banyak energi. Jadi apapun cuacanya panel surya tetap bisa dipasang.

  1. Tidak perlu atap baru

Panel surya akan bekerja secara efisien jika dipasang di atap yang miring, sehingga Anda tidak perlu repot mengganti atap yang baru karena umumnya rumah di Indonesia memiliki atap yang miring. Hanya saja, Anda perlu memastikan kalau atap yang digunakan cukup kuat untuk menahan panel surya dalam waktu yang lama.

  1. Biaya perawatan rendah

Pasang panel surya rumah juga tidak memerlukan banyak biaya perawatan. Hanya saja Anda perlu selalu menjaga kebersihannya agar panel surya bertahan dalam waktu yang lama.

  1. Meningkatkan nilai rumah

Rumah dengan konsep ramah lingkungan ini membuat nilai atau harganya semakin tinggi dibandingkan rumah-rumah pada umumnya. Tentu hal ini cukup menguntungkan bagi Anda.

Itulah beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika memasang panel surya di rumah. Jadi, apakah Anda sudah tertarik untuk pasang panel surya rumah?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top